Thursday, November 28, 2013

WoMM (Word of Mouth Marketing)

Word of mouth marketing (WOMM) secara bahasa adalah pemasaran dari mului ke mulut atau dari orang ke orang. WOMM dapat diartikan secara luas sebagai penyampaian informasi antar manusia, seperti hubungan tatap muka, telepon, sms, email, website, blog, status facebook,  ataupun lewat twit (tanpa berbayar).  WOMM juga dapat dijelaskan sebagai proses berpengalaman, daripada satu pengamatan.WOMM memiliki dua tipe, yaitu:



1. Organic WOMM
WOMM yang terjadi secara alami karena orang secara inisiatif , sukarela, dan penuh antusiasme menjadi advocator atau promoters dari suatu produk atau jasa karena merasa senang terhadap produknya atau puas atas pengalamannya  setelah menggunakan jasa pelayanan tertentu.
2. Aplified WOMM
WOMM yang sengaja dibentuk dan dimudahkan dengan menyajikan media untuk mempermudah penyebaran WOMM. Konsumen digabungkan ke dalam satu wadah media yang dinilai paling efektif oleh perusahaan sehingga penyebaran WOMM terjadi secara maksimal dan menjadi magnet kuat bagi calon konsumen perusahaan.
ilustrasi: ilgresults.com 
WOMM juga mempunyai 3 level yang harus diperhatikan, yaitu:
  1. Menentukan talkers dan memberi topik. Bentuklah satu pesan utama yang sekiranya dapat menjadi nilai plus dari usaha Anda. Dalam hal ini, lebih baik menyebarkan pesan (bila lebih dari satu) yang berhubungan dan saling menunjang sehingga dapat menjadi asosiasi yang kuat sehingga mudah dipahami oleh calon talkers ataupun calon konsumen.
  • Mulai penyebaran pesan. Perdayakan profitable talkers  agar membicarakan produk kita secara positif. Bekali dengan alat-alat atau wadah media yang memungkinkan mereka untuk mentransfer pesan ke orang lain. Semakin banyak pesan positif tentang suatu produk dalam satu media tersebut tentu dapat menguatkan kepercayaan calon konsumen lain
  • Talkers mengusahakan perubahan perilaku pada orang yang mereka ajak bicara, pada level ini ada buying action.
WOMM menjadi strategi cerdas yang dapat membantu Anda untuk memajukan segala jenis usaha Anda, terlebih lagi kemajuan teknologi zaman sekarang yang sangat membuka jalur komunikasi dan tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Tentu saja hal itu menjadi peluang untuk Anda, bersiaplah menentukan topik utama dari bidang usaha Anda dan tentukan tujuan utama Anda. Strategi yang sesuai ditambah dengan konsistensi dan komitmen menjalani usaha adalah kunci utama Anda untuk menjadi wirausaha yang sukses!

Jabir Al Hayyan

Saya adalah penulis di blog jabiralhayyan.blogspot.com. Semoga tulisan yang dimuat di blog ini bermanfaat
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 POSITIVE THINKING.